Asam Lambung Sering Kambuh dan Nyeri Dada Ulu Hati

Asam Lambung Sering Kambuh dan Nyeri Dada Ulu Hati – Asam Lambung atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) yaitu problematika yang biasa dialami oleh masyarakat Indonesia. Keadaan terebut bisa disebabkan karena naiknya Asam Lambung yang beralih ke esofagus, dan menampakkan Nyeri Dada Ulu Hati, dan menghadirkan sensasi seperti Dada yang terbakar (panas). Esofagus dalam bahasa awam nya adalah kerongkongan, dan menjadi salahsatu bagian pada saluran pencernaan makanan, yang menyambungkan jalur lambung dan mulut.

Asam Lambung Sering Kambuh dan Nyeri Dada Ulu Hati

.

Asam Lambung Sering Kambuh dan Nyeri Dada Ulu Hati

Asam Lambung ini biasanya dikarenakan ketidak berfungsian LES (Lower Esophageal Sphincter). LES yaitu lingkaran otot yang terletak di area bawah esofagus. LES tersebut memiliki kegunaan untuk pintu otomatis yang bisa terbuka saat minuman ataupun makanan meluncur ke perut. Sesaat selepas minuman atau makanan meluncur, LES kemudian akan menutup, supaya mencegah makanan dan asam yang terdapat didalam perut untuk tidak naik lagi ke esofagus (kerongkongan). Jika tidak berfungsi dengan baik, maka LES tak bisa menutup dengan baik dan melonggar, Asam Lambung dapat saja naik dari perut, yang bisa menimbulkan penyakit Asam Lambung. Penyebab Asam Lambung sendiri lazimnya memiliki hubungan dengan; faktor obesitas (berat badan yang berlebih), mengonsumsi makanan yang memuat lemak yang banyak, atau dalam keadaan hamil.

Gejala Asam Lambung yang hadir, biasanya adalah sensasi rasa terbakar, Nyeri Dada Ulu Hati. Sehingga membuat diri kita kurang nyaman apabila selepas menyantap makanan.

Kerongkongan dan mulutpun tak nyaman. Kitapun akan merasakan kerepotan ketika menelan makanan dan mengalami sakit. Dengan melaksanakan pengobatan Asam Lambung dengan menggunakan kunyit akan mencegah Asam Lambung Sering Kambuh.

Baca Juga: Obat Asam Lambung Alami

.

Gejala Asam Lambung

Saat Asam Lambung mulai naik, maka mulut serta jaringan jaringan di dinding kerongkongan akan terganggu oleh Asam Lambung. Inilah beberapa Gejala Asam Lambung yang biasa dirasakan pasien/penderita Asam Lambung:

  1. Mulut terasa pait atau asam, kerongkongan dan dada menjadi panas.
  2. Adanya perasaan terbakar pada Ulu Hati ataupun di Dada (Nyeri Dada Ulu Hati).
  3. Nyeri ketika membungkuk atau setelahnya.
  4. Nyeri saat sehabis makan.
  5. Susah untuk menelan makanan.
  6. Seperti ada benjolan di kerongkongan.
  7. Peradangan di pita suara.
  8. Batuk batuk di malam hari.
  9. Gigi jadi ompong.
  10. Bau nafas gak enak banget.
  11. Tiba tiba air liur jadi banyak.

Asam Lambung Sering Kambuh 1 ataupun 2x dalam satu bulan, lazimnya tak membutuhkan pengobatan yang serius, hal tersebut bisa kita atasi dengan mengatur pola makan dan membeli Obat Acid Reflux (Asam Lambung). Jika gejala yang hadir dirasakan sangat mengganggu, segeralah berkunjung ke dokter demi penanganan yang serius.

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *