6 Faktor Penyebab Ginjal Menjadi Bengkak

Penyebab Ginjal Bengkak

Ginjal adalah salah satu organ vital bagi manusia. Tanpa adanya ginjal, mustahil kita untuk hidup. Ginjal merupakan organ ekskresi dalam vertebrata yang bentuknya mirip dengan kacang dengan sisi cekungnya menghadap ke arah sumbu tengah tubuh, pada sisi yang menghadap ke sumbu tubuh ini terdapat hilus ginjal, yaitu tempat masuknya pembuluh darah, pembuluh darah limfa dan saraf. Ginjal merupakan sepasang organ saluran kemih yang terletak pada bagian rongga belakang usus.
Normalnya, fungsi ginjal sendiri yaitu untuk menyaring kotoran seperti urea yang terdapat pada aliran darah dan dibuang bersama dengan air dengan berbentuk urin, yang akan disalurkan melalui ureter menuju kandung kemih yang kemudian ditampung hingga kita berkemih. Namun, proses penyaluran itu dapat terhambat apabila terjadi penyumbatan didalam saluran ureter yang mengakibatkan urin tidak dapat keluar atau naik kembali ke organ ginjal, sehingga ginjal penuh dengan urine dan membengkak.

Berikut adalah faktor risioko atau penyebab ginjal bengkak :

  • Batu Ginjal
    Adalah dimana penyakit ini menggambarkan adanya material dengan tekstur yang keras didalam ginjal, ini merupakat zat sisa dari proses penyaringan ginjal yang mengarah keluar ginjal untuk menuju ke ureter dan terakhir dibuang keluar tubuh, tetapi karena adanya batu yang menghambat saluran ginjal, sehingga zat urine tidak dapat keluar dan menumpuk didalam ginjaal sehingga mengalami pembengkakan.
  • Pembekuan darah
    Pembekuan darah bisa menjadi penyebab pembengkakan pada ginjal, karena hal ini dapat menyebabkan tersumbatnya aliran darah yang menuju pada ginjal. Kondisi ini akan membuat cairan dan zat yang seharusnya melalui ginjal akan terhenti dan akan menumpuk.
  • Penyempita ureter
    Saat penyempitan ureter terjadi, hal ini menjadi ciri adanya penyempitan pada saluran ginjal yang menuju ureter. Jika terjadi penyempitan saluran ureter maka aliran urenie yang menuju kandung kemih akan terhambat sehingga terjadi penumpukan urine didalam ginjal dan dapat menyebabkan kerja ginjal menjadi lebih berat sehingga terjadilah pembengkakan.
  • Infeksi saluran kemih
    Ketika rusaknya saraf yang berfungsi mengendalikan kinerja kandung kemih, hal ini mampu memicu faktor penyebab timbulnya pembesaran dibagian ginjal.
  • Tumor atau kanker pada ginjal
    Adanya tumor atau kanker pada ginjal dapat menyebabkan pembengkakan, hal ini terjadi karena berubahnya sel pada ginjal menjadi ganas sehingga merusak ginjal. Pembengkakan pada ginjal biswa menjadi tanda seseorang terkena tumor ginjal, orang yang berisiko tinggi terkena tumor ini adalha orang yang berusia 45 tahun lebih. Penderita akan merasakan ceoat lelah, hilangnya nafsu makan, turunnya berat badan dan akan merasakan pembesaran pada daerah pinggang.
  • Pembesaran prostat
    Apabila ada pembesaran pada prostat, dapat menjadi penyebab pembengkakan pada ginjal. Pembesaran ini merupakan kondisi dimana urine yang keluarnya tersendat-sendat, sulit mengeluarkan urine, mengeluarkan urine berdarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *